Home Terbaru PTM Rentan Penularan Hepatitis Akut dan juga Corona

PTM Rentan Penularan Hepatitis Akut dan juga Corona

Terbaru www.idnfeed.com live video May 12, 2022 3:28 pm

JawaPos.com – Pembelajaran tatap muka (PTM) segera digelar kembali. Sekolah diminta memperketat protokol kesehatan (prokes) untuk mengantisipasi penularan penyakit hepatitis akut yg sampai kini belum diketahui etiologinya.

Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan juga serta Guru (P2G) Satriwan Salim khawatir penyakit tersebut dapat berubah menjadi pandemi terhadap anak. Karena itu, pemerintah pusat, pemerintah daerah (pemda), dan juga serta pihak sekolah mesti melakukan langkah serius untuk mencegah persebarannya.

Salah satunya mendesak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan juga serta Teknologi (Kemendikbudristek) serta pemda membuat surat edaran sebagaimana pengingat pentingnya meningkatkan disiplin prokes. ”Selain untuk mencegah Corona yg masih pandemi, ini mencegah penularan hepatitis terhadap anak,” ujarnya kemarin (11/5).

Baca Juga :  Chance of Rain - Lyric ttg Kondisi yg dialami CHESTER BENNINGTON

Pencegahan kasus hepatitis misterius itu hendaknya menjadi perhatian lebih, khususnya bagi anak usia playgroup (day care), PAUD/TK, dan juga serta SD/MI. Karena itu, kesadaran kolektif mesti dimiliki, khususnya bagi guru, siswa, dan juga serta orang tua.

Kepala Bidang Advokasi P2G Iman Zanatul Haeri menambahkan, surat edaran yg ditujukan kepada sekolah, guru, siswa, orang tua, dan juga serta warga sekolah lainnya sangatlah penting. Dengan adanya surat tersebut, semua pihak dapat memiliki pemahaman yg bagus mengenai penyakit itu. Terutama terkait dengan indikasi gejala, faktor penyebab, langkah pencegahan, serta kiat hidup bersih demi menjaga anak supaya tidak tertular.

Baca Juga :  Repotnya Tugas Bos Tim MotoGP, Kadang Tak Bisa Berteman dengan Pembalapnya

”Prokes sangat banyak dilanggar warga sekolah. Siswa maupun guru makin tak disiplin prokes,” keluhnya. Padahal, langkah itu penting untuk pencegahan penularan Corona dan juga serta antisipasi kasus hepatitis akut misterius anak. Sejauh ini, kebijakan PTM belum hendak mengalami perubahan meski tengah marak kasus hepatitis akut misterius di luar negeri. Pemerintah bahkan telah mengeluarkan SKB 4 menteri terbaru yg mengatur soal PTM 100 persen.

Baca Juga :  [Feed Video] - Viral! Pemudik Ini Menghabiskan Biaya Rp 20 Juta Selama Lebaran di Kampung

Pada penyesuaian keenam SKB 4 menteri terbaru dengan nomor 01/KB/2022, nomor 408 Tahun 2022, nomor HK.01.08/MENKES/1140/2022, dan juga serta nomor 420–1026 Tahun 2022 tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Corona, disebutkan bahwa penyelenggaraan PTM berdasar beberapa hal. Yakni, level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yg ditetapkan pemerintah pusat dan juga serta capaian vaksinasi pendidik dan juga serta tenaga kependidikan (PTK) serta masyarakat lansia.

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video selengkapnya :